Bergabunglah di SLIMS Pekanbaru

Mau Buat Website,, Kesinilah Tempat nya !!

Jumat, 02 Maret 2012

Install Web di Free Hosting

Pada artikel sebelumnya saya sudah menyarankan kepada anda yang ingin mempunyai hosting free dengan space besar, kali ini saya akan menjelaskan Cara instal web di hosting free dengan domain 16mb.com, ini merupakan tutorial singkat dan juga merupakan panduan umum atau panduan dasar dalam instal web di 16mb.com atau hosting gratis tanpa iklan dan barner dari Idhostinger. Saya berharap tutorial ini bermanfaat karena ternyata banyak dari member/pengguna pemula di Idhostinger tidak mengerti cara memulai setelah mendaftar. Oke seperti tutorial saya yang ada di web ini saya akan langsung menjelaskan tanpa banyak basa basi lagi  .



Langkah awal Instal Web di 16mb.com

Pertama-tama Anda perlu login ke cPanel Anda di cpanel.idhostinger.com dengan pilihan bahasa Indonesia saja biar enak njelasin langkah instal web di 16mb.com  . Setelah Anda berhasil login selanjutnya Anda masuk ke menu kontrol panel kemudian buat baru. Lihat gambar dibawah ini :

Sebenarnya langkah ini sudah dibahas di tutorial Web Hosting Gratis tanpa iklan atau banner, tapi saya akan bahas kembali di sini biar lebih jelas dan komplit tentang tata cara instal web di 16mb.com gituloh haha karena tutorial Web Hosting Gratis, banyak fitur tanpa iklan atau banner hanya membahas untuk yang free domain aja.

Instal web di 16mb.com dengan domain sendiri atau domain gratis?

Ada dua pilihan dalam menentukan domain, untuk menginstal web di 16.mb.com atau di Idhostinger ini, yang pertama adalah domain sendiri dan yang kedua adalah domain gratis, nah kita akan bahas satu persatu bagaimana instal web di 16mb.com atau di Idhostinger ini.

Menggunakan domain sendiri.
Menggunakan domain gratis yang ditawarkan Idhostinger.
Sebelum kita bahas kedua cara di atas mungkin Anda tertarik juga dengan tutorial tentang bagaimana cara memilih domain yang baik, supaya web Anda makin mantap. Oke kita lanjutkan pembahasannya.

Menggunakan domain sendiri.

Pilihan pertama adalah menggunakan domain sendiri, pertama kali silahkan pilih radio button “Saya ingin menggunakan domain saya sendiri“,  isi domain Anda, sebagai contoh saya menggunakan 123123123.com isi password dan kode gambar yang tampil kemudian klik tombol “buat“. Secara kasarnya boleh dikatakan tahap-tahapnya sudah selesai 

Setelah proses pembuatan akun, akan muncul notifikasi sebagai berikut:

Selain itu Anda juga akan dikirimkan email ke email saat mendaftar pertama kali, perlu diingat bahwa data-data yang dikirim ke email tersebut harap disimpan dengan baik termasuk passwordnya  . Langkah selanjutnya adalah Anda masuk kembali ke menu kontrol panel ketika popup muncul klik tombol beralih untuk akun domain yang Anda buat tadi yaitu 123123123.com nah Anda akan melihat notifikasi lagi seperti gambar di bawah ini :

Untuk melihat detailnya Anda bisa langsung menuju menu Akun -> Detail, biar lebih jelas berikut gambar detail dari akun yang sudah saya buat tadi :



Oke saya rasa sudah jelas bagaimana cara membuat akunnya, selanjutnya kita akan melakukan integrasi domain kita ke idhostinger, bagai mana caranya? berikut penjelasannya.

Anda perlu login ke provider atau member area atau Control Panel wah istilahnya banyak,  tempat dimana Anda membeli domain Anda atau istilah lain meregistrar domain Anda, biar lebih jelas saya beri gambar lagi deh ini :


Perlu diketahui bahwa gambar di atas hanya patokan saja, masing-masing provider mempunyai tampilan atau metode yang berbeda. Owh ya jangan heran ya kok pada gambar di atas gak ada domain 123123123.com hehehe… domain 123123123.com yang saya buat tadi hanya percobaan aja nanti juga saya hapus  . Nah sekarang saya akan pilih salah satu domain di atas kemudian melakukan pointing record dan name servernya ke Idhostinger. Berikut petunjuknya berupa gambar :

Anda perlu mempointingkan A Record ke idhostinger, seperti terlihat pada gambar di atas Anda klik Manage Domain kemudian akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini :



Selanjutnya masukan IP 31.170.164.98 yang ada pada detail akun untuk domain 123123123.com (Lihat detail Akun pada gambar paling atas) ke bagian Destination IPv4 Address, untuk TTL biarkan saja seperti defaultnya selanjutnya Anda Add Record. Nah proses penambahan A Record sudah selesai sekarang tinggal Name Servernya langkahnya ada pada gambar di bawah ini :



Klik Name Servers kemudian Anda akan melihat tampilan di bawah ini :



Isi Name Server dengan ns1.idhostinger.com dst sampai ns4.idhostinger.com kemudian Update Name Servers. Oke sekarang secara keseluruhan sudah selesai bagaimana mempointingkan A Record  ke Idhostinger, perlu saya tegaskan lagi gambar di atas hanyalah patokan mungkin akan berbeda lagi untuk provider dimana Anda membeli domain Anda, tetapi secara keseluruhan konsep pengaturannya hampir sama.

Sekarang Web Anda sudah siap di akses, biasanya proses melakukan pointing DNS memerlukan waktu paling lama sekitar 24-48 jam tergantung dari Refresh Time server Anda, tapi saya akan bagi sedikit trik untuk Anda supaya proses pointing tidak membutuhkan waktu yang berlama-lama, caranya buka who.is masukan domain Anda tentunya, dan lakukan refresh di bawah tulisan Domain Name. Saya merasa cara ini cukup jitu bila kita sudah tidak sabar menunggu domain kita live alias On Line haha

Menggunakan domain gratis yang ditawarkan Idhostinger.

Pilihan kedua merupakan pilihan alternatif dari pilihan pertama, jika Anda tidak mempunyai domain sendiri apa salahnya untuk mencoba subdomain gratis yang ditawarkan Idhostinger. Langkahnya hampir sama dengan penjelasan saya di atas cuma bedanya kita tidak perlu melakukan pointing DNS dan biasanya bisa langsung live setelah kita buat akunnya, untuk lebih detailnya coba lihat tulisan saya di Web Hosting Gratis dengan banyak fitur tanpa iklan atau banner.

Untuk menginstal aplikasi web di 16mb.com,  tentunya Anda bebas memilih, pada menu Website di akun Anda terdapat submenu Penginstal Otomatis nah Anda dapat memanfaatkan fitur tersebut bila Anda mau menggunakannya, di situ terdapat WordPress, Joomla, PHP BB untuk forum dan banyak lagi silahkan aja dicoba. Atau apabila Anda sudah punya script aplikasi sendiri misalnya CMS Lokomedia, silahkan instal boleh menggunakan FileZilla ftp client atau menggunakan File Manajer yang terdapat pada akun domain Anda dan tentunya Anda harus membuat database juga pada akun domain yang dibuat tadi untuk aplikasi Anda tersebut dan mensetting koneksinya.

Membuat database setelah instal web di 16mb.com atau di Idhostinger

Langkah ini boleh lewatkan apabila Anda menggunakan penginstalan otomatis, karena databasenya sudah otomatis dibuatkan oleh sistem. Tetapi apabila Anda menginstal script hasil pemograman Anda sendiri misal CMS Lokomedia seperti yang saya sebutkan di atas tentu langkah ini penting bagi pemula dalam memahami proses instal web di 16mb.com atau di Idhostinger.
Yah langsung saja, di akun Anda terdapat menu Tool Penting -> Database MySQL, klik dan kita akan dibawa ke tampilan berikut :




Pada gambar di atas saya sudah mempunyai satu database, karena sudah saya buat sebelumnya. Apabila Anda belum membuat database silahkan isi nama database Anda, isi username serta passwordnya. Untuk password bisa digenerate dengan mengklik tombol generate password atau isi sendiri juga boleh. Apabila semua sudah dilengkapi silahkan klik tombol buat. Bila mau mengubah password tinggal ubah aja pada form di bawahnya. Nah sudah selesai proses pembuatan databasenya sekarang tinggal atur script koneksi program Anda, MySQL Database = Nama Database yang dibuat tadi, MySQL User = User yang dibuat tadi, MySQL Password = Password yang dibuat tadi, MySQL Host = mysql.idhostinger.com ingat jangan isi localhost  , untuk jelasnya lihat pada gambar di atas dan sesuaikan dengan yang Anda miliki. Mudah bukan?

Penutup

Bila dimulai ada baiknya ditutup  , Jadi begitulah tutorial tentang cara instal web di 16mb.com atau di Idhostinger mungkin bagi teman-teman merasa tulisan ini menjemukan saya minta maaf, saya merasa ini tulisan dadakan  semoga teman-teman mengerti bagaimana cara instal web di 16mb.com atau di Idhostinger. Jika kurang jelas silahkan bertanya mungkin saya bisa membantu dan dengan senang hati membantu. Sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Jika anda tertarik dengan artikel ini, silahkan isi komentar di bawah ini menggunakan bahasa yang jelas dan sopan ya ..