Bergabunglah di SLIMS Pekanbaru

Mau Buat Website,, Kesinilah Tempat nya !!

Selasa, 06 Maret 2012

Lindungi Data Pribadi Anda Saat Di Warnet

Setelah sekian lama vakum dari dunia blog (-/+ 1 bulan), karena urusan-urusan dunia nyata dan lainnya, akhirnya saya bisa menulis lagi. Kali ini saya coba bahas tentang keylogger. Keylogger, siapa yang tidak kenal dengan kata ini. Keylogger adalah sebuah aplikasi yang dapat merekam aktifitas keyboard dan datanya akan tersimpan di file logs. Keylogger bisa bersifat baik atau bersifat jahat, seperti untuk mencuri password orang lain, atau memantau kegiatan seseorang ketika sedang bekerja, dll. Keylogger tidak hanya bekerja di PC, tapi di ponselpun ada.

Tadi pagi sebelum memulai beraktifitas di kantor sempat mampir di salah satu grup hacker, ada yang memposting tentang keylogger berupa hardware. Saya pun baru tahu kalau ada keylogger berupa hardware, karena pada umumnya keylogger itu berupa software. Langsung saya browsing-browsing mengenai keylogger tersebut. Lalu saya tertarik untuk mengulas di blog ini.

Ada bermacam-macam port yang bisa digunakan, seperti :


(Port PS/2)

(Port USB)


(Port HDMI)


(WIFI)


Itu adalah beberapa jenisnya, ada bermacam-macam lagi jenis yang digunakan. Saya ingin coba mengulas tentang keylogger port PS/2. Karena menurut dari yang saya baca dari berbagai sumber, port ini yang paling laris dipasaran. Untuk Keylogger jenis ini tidak membutuhkan instalasi driver. Jadi hanya menancapkan semacam perantara antara port komputer dengan port keyboard maka langsung bisa terekam aktifitas keyboard. Seperti ini :


(Tanpa Keylogger)


(Menggunakan Keylogger)
Setelah dipasang, maka dicoba untuk pengetikan keyboard “kbd”


Maka terinput data seperti ini


Kira-kira seperti itulah prosesnya, untuk keyloggernya biasanya sudah support berbagai type keyboard.  Sizenya memory internalnya bisa mencapai 2Gb. Lumayan besar untuk penyimpanan data teks. Untuk pengengkripsian datanya menggunakan 128 bit. Dari yang saya baca memang tool ini bersifat invisible tanpa diketahui anti virus, entahlah anti virus besar seperti bitdefender, Microsoft security essential, Kaspersky, atau lainnya telah memproteksi hal ini atau belum. Dan ini bersifat multi platform loh, bisa berjalan di windows ataupun linux.

Mungkin segitu aja yang bisa di share mengenai keylogger berupa hardware. Sebaiknya berhati-hati bila bermain di warnet, tapi kira-kira ada nggak ya warnet yang menggunakan itu, soalnya belum umum banget nih keylogger yang bermodalkan uang, mending kalo niat jahat ya menggunakan software keylogger. Ok semoga bermanfaat infonya.

0 komentar:

Posting Komentar

Jika anda tertarik dengan artikel ini, silahkan isi komentar di bawah ini menggunakan bahasa yang jelas dan sopan ya ..